Ramadhan Perdana di Korea

9:59 AM

Alhamdulillah, hari ini puasa ramadhan perdana saya selama di Korea. Untuk sahur tidak terlalu pusing mikirin makanan, karena saya ga suka makan makanan berat pagi-pagi. Jadilah belanjaan kemarin siang jadi menu sahur saya. Dua biji plum, 3 butir kurma khalas, sebungkus biskuit kacang, jagung rebus, secangkir teh hijau, dan setengah gelas susu (#edisingehabisinsusuygmwexpired). Harusnya teh hijau ga boleh dicampur susu, tapi berhubung expiredny tanggal1 dan sekarang uda tanggal29, maka saya mesti ngehabisin itu susu, daripada mubazir. Alhasil.. alhamdulillah... kenyang! 

Ga sia-sia penantian subuh, di sini subuh sekitar jam 3.22 ke atas untuk di daerah Ulsan. Berikut jadwal imsakiyah lengkap untuk area Korea:


Anyway, pengalaman sahur perdana cukup mengasyikkan. Di sela-sela kebosanan kerjaan di lab karena mesti restart dari awal (a.k.a baca paper dkk), saya paksakan badan biar tetep seger menyambut ramadhan. Berhubung subuh di sini sekitar jam 3 lebih, maka saya mesti sahur sekitar jam2an. Nah... masalahnya adalah... pulang lab kan jam8(selama puasa aja sih, kalo normalnya jam9), maka dari itu.. mesti disiatin ini. Planning saya pulang dari lab terus buka di masjid (kalau weekend) atau ke tempat Mb Retno, salah satu orang Indonesia di sini, terus back to asrama. Habis itu beres-beres sambil nunggu isya jam setengah 10 lebih. Nah... habis isya tarawih dan tadarusan, trus tidur? Eits... impossible kalau tidur. Berhubung summer di sini malam lebih pendek daripada siang, jadi tidur jam 11 pun ga mungkin. Kenapa? Karena biasanya saya baru selesai ngaji lebih dari jam11. Kalaupun langsung tidur dan harus bangun jam2, hitunglah selesai tarawih+tadarus jam12. Kadang ga bisa langsung tidur karena ngobrol dulu dengan teman sekamar, ga mungkin kan saya cuekin? Kita harus saling menghargai. Cukuplah jadi pendengar yang baik untuk saudara kita. Jadinya, kadang sampe jam1 baru tidur, tapi waktu satu dua jam buat tidur ga cukup, ada juga bablas, hahaha. Pernah saya setel alarm jam2, dapet teguran juga! Jadilah saya perang sama diri sendiri, karena kalau pake alarm bakal ngeganggu teman seasrama, kan ga enak. Apalagi di sini saya sendiri yang muslim, jadi tak apalah berkorban waktu, karena niat kita ibadah, insyaAllah Allah ngerti kok :). Makanya, saya ubah jam tidur saya, jadi habis subuh. Walaupun ga baik, kalau di Indonesia biasanya otomatis tidur jam11 bangun jam3, empat jam jam tidur saya. Yah... mau bagaimana lagi, saya sering coba tidur jam12 bangun jam2 untuk sahur shaum sunnah, dan hasilnya badan ga beres (ya iyalah... jam tidur ga bener :P). Akhirnya saya coba dululah semingguan ini dengan siklus tidur habis subuh, seperti zaman nabi (Ibrahim AS atau siapa ya, yang bekerja di malam hari, siangnya istirahat? lupa euy), tapi ini jadinya bukan siang tapi pagi istirahat :P. Kalau badan oke, ya dilanjutkan. Kalau badan ga oke, coba balik ke siklus 2jam tidur-bangun sahur-subuh-tidur lagi 2jam. Jetlag waktu emang lama efeknya sih, beda sama jetlag habis naek pesawat terbang kelamaan. Jadi, kitalah yang mesti nyesuaiin diri sama tempat baru yang punya perbedaan waktu yang cukup signifikan.

Setidaknya waktu tunggu subuh banyak manfaatnya. Saya jadi bisa belajar yang lain. Sahirul Lail istilahnya,, atau bisa diartikan belajar hingga larut (baca buku, dkk). Dari pepatah Arab: "Man thalabal 'ula sahiral layali", siapa yang ingin dimuliakan, bekerjalah hingga malam hari. Dan hasilnya, semalaman saya bisa ngedesainin undangan pesenan sahabat yang mau nikah plus bisa coding ngejar ketinggalan kerjaan di unpad. Happy! Happy! Happy!

Baiklah, kita lanjutkan ceritanya. Jadi, hari ini saya sahur pake ini:
hasil belanjaan kemarin pagi
Sehat kan? Ga dimakan semua kok. Menu sahur ga sempet difoto lengkapnya sih, jadi ini aja plus kurma 3 biji, biskuit, teh hijau segelas, sama susu segelas juga. Ga banyak kan ya? hehehe. Yang merah itu buah plum, saya cuma makan 2 biji, lemon sama chamei ga saya makan. Harga plum di sini sama kayak di Indonesia. beli sekardus 7500won bagi dua sama teman. Atau sekitar 75000 rupiah (isi 32 biji). Sama ga sih harganya? hehe... Yang saya suka buah ini ngenyangin banget. Cocok buat yang mau diet, hahaha :P.

Alhamdulillah, diawali dengan sahur, terus tadarusan, dapet sejuz lebih itu rasanya bahagiaaaaa banget. Terus nyuci seprai sama bantal. Habis itu nulis cerita ini sebelum akhirnya saya siap-siap ke lab buat baca paper lagi, hahahah :D.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe