Akhirnya, paper saya diterbitkan juga!

8:59 AM

Alhamdulillah, kemarin saya waktu saya mengecek jurnal yang saya submit ke ISJournal, sebuah organisasi pencetak jurnal Indonesia, yang dibangun oleh PPI dari segala penjuru dunia, bersama dengan MITI, OISAA, dan ikatan ilmuwan Indonesia, ternyata Agustus ini sudah terbit. Kebetulan setelah lolos dan diterbitkan CISAK2013 (perpika Korea), jurnal saya mendapat rekomendasi untuk diterbitkan sebagai salah satu isi paper isjournal. Subhanallah! Tidak menyangka kalau direkomendasikan! Senang sekali saya bisa menyumbangkan sedikit ide untuk negara ini. Walaupun akhirnya entah akan dipakai atau tidak ya, berhubung tema saya cukup kontroversial di kalangan kesehatan, terutama kedokteran dan rumah sakit karena berkaitan dengan kesejahteraan pasien dan efisiensi kinerja rumah sakit, dan banyak yang kontra terkait ide saya menggunakan alat dalam jurnal saya ini. Ya maklumlah, Indonesia belum siap menggunakan teknologi, terutama untuk efisiensi rumah sakit. Alasan pertama karena orang-orangnya tidak mau belajar alias malas, mereka beranggapan ilmu yang didapat sudah cukup. Teknologi hanya akan mengganggu kinerja dan hasilnya kurang akurat. Nonsense banget ya? Ga akan maju-maju Indonesia kalau orang-orangnya seperti ini. Kedua, karena rumah sakit tidak mau mengeluarkan biaya banyak. Ya wajarlah, rumah sakit ibarat perusahaan yang mengolah dananya sendiri, terlepas dari rumah sakit pemerintah maupun swasta. Mereka sama-sama kerja keras mengurus kebijakan rumah sakit, dan sama-sama ingin mengembangkan diri dan memberi pelayanan terbaik. Namun, semua itu terkendala dua hal: manajemen rumah sakit dan pegawainya(termasuk dokter ya!) dan pemerintah. Rumah sakit tidak dapat berkembang karena dibatasi aturan pemerintah yang tidak mengizinkan sharing data antarrumah sakit. Ini tentunya sangat merugikan pasien, bukan? Ga kebayang kalau ada orang yang kena serangan jantung mendadak di jalan, dan ternyata yang ada rumah sakit X. Pastinya rumah sakit harus memeriksa ulang si pasien dari awal dong, kan tidak tahu riwayat kesehatannya, sangat memakan waktu, keburu meninggal pasiennya! Loh.. kok jadi panjang ya masukan saya ini, hahaha.. 

Back to the point, ISJournal. Tulisan saya dimuat di paper ini. Silakan dibaca, semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe