Istirahat yang efektif

3:52 PM

Sudah dua hari ini saya ga ke lab. Sengaja memang. Bukan karena saya malas atau apa, terlebih karena bosan. Bosan baca paper yang ga ngerti-ngerti juga. Berat. Jujur saja restart dari nol lagi lebih berat daripada melanjutkan apa yang sudah saya kerjakan kemarin. Tapi, kalau ga mundur, ga bisa maju lebih jauh lagi. Jadilah tugas dari prof saya kerjakan dari awal lagi, meraba-raba. Tapi tidak terlalu buram juga, tidak seperti dari awal, cukuplah pengalaman dan ide untuk ke depan mau bagaimana. Hm, tapi restart yang sekarang terlalu berat untuk dimengerti. Ah, mungkin saya aja yang kurang mau baca, dan efek vacation kali yah. Padahal uda diplanning biar vacation ini mesti lebih produktif dari sebelumnya. Parah sekali. Jadwal yang udah dibuat kacau jadinya. Huft....

Setidaknya, sisi positif dari semingguan ini adalah, saya harus merestart diri dari nol. Bukan hanya riset yang direstart, tapi diri saya juga. Itu yang jauh lebih penting. Seminggu ramadhan cukup menyenangkan, banyak kejadian menarik dan diskusi yang perlu disharingkan. Saya tulis lain kali yah, semoga istiqomah nulis tiap hari, dimulai Senin besok. Aaamiin. 

Back to cerita. Intinya, weekend ini saya habiskan dengan tidur lebih lama untuk menghilangkan hypersomnia (keterangan menyusul yah) yang mungkin cuma feeling aja kali, tapi semingguan ini berasa kek kena itu. Semoga saja tidak. Jadi saya bereksperimen dengan diri sendiri, mungkin efek ga ada kerjaan padahal banyak banget, tapi ga tahu karena ga ngerti mesti digimanain. Jadilah mikir terlalu keras (baca paper) dan ngantuk. Itu juga ga sembarang ngantuk, karena sepanjang hari di lab saya berasa ngantuk banget. Padahal tidur cukup, olahraga lumayan, makan cukup. Aneh, ga biasanya kek gini soalny. Makanya, sengaja weekend ini tidur lebih lama, selain ngetes hypersomnia, juga buat ngilangin bosan. Dan... alhamdulillah efektif bener yah. Tadinya saya mau ke lab siang tadi, karena hujan, dan sahabat saya menyarankan jangan dipaksain, istirahat aja. Alhasil, saya baca paper aja di dorm. Eh... sambil ndengerin kajian Teh Ninih, sejam kemudian merem juga. Hahaha! Efek apa ya ini, malas? bosan? mood? ga tahulah.... kesel sih, harusnya waktu yang bisa dipake buat ngerjain apa aja malah kepake buat 'tidur'. Ya sudah, saya ambil wudhu dan sholat ashar, seger. Fighting sama diri sendiri emang susah banget. Prediksi saya hypersomnia ini ilang, soalnya kemarin udah berhasil, kenapa hari ini balik lagi sih? Ah, perasaan aja keknya ya. Sepertinya saya mesti reschedule jadwal saya, plus sedikit 'maksa' badan buat melek, terutama di jam-jam yang harusnya melek, bukan malah nurutin 'perasaan' mengantuk. Kantuk harus dilawan, percuma kalau di Indonesia bisa, di sini malah kacau. Hm...

Yah... setidaknya istirahat dua hari ini efektif, paper terakhir lumayan ngerti walaupun belum nyobain penerapannya pake coding. Setidaknya garis besarnya paham, dan saya mesti baca lagi.

Intinya sih, ketika kita bosan n ga mood, jangan maksain, coba istirahatkan badan dan pikiran. InsyaAllah berhasil :)


Ulsan, 
6 Juli 2014

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe