1jam presentasi project 2minggu

2:57 PM

#gadamaksudpromosi
#murni curhatan doang ini ya!

Alhamdulillah beres sudah 1 final exam (baca: Python). Ga kayak presentasi tubes pas zaman dulu di TASS ato gajah duduk, di sini presentasinya beneran menguras tenaga. Ya, namanya kita dituntut profesional dan belajar mandiri, plus biar beneran belajar n memperdalam ilmu pengetahuan kita. Walaupun baru perdana di bidang ini, at least, Profesor saya tertarik banget sama presentasi barusan, sampe-sampe dibiarin saya presentasi sejam lebih dikit (uda plus tanya jawab sih itu). Ini presentasi tugas besar udah kayak sidang TA aja. Dulu di tass sidang PA ngehabisin waktu kurang lebih dua jam, di itb dua jam tapi kelompok. Itu juga tugas besar yang beneran gedhe, la ini di sini, 1 tema doang soal ngedeteksi module di network bisa sejam sendirian pula. Bedanya kalau presentasi di indo ga sedetail ini keknya pertanyaannya. Di sini pake tiga algoritma. Kalau kita gagal nerapin tuh algoritma, mesti tahu tu kelemahannya di mana, trus kalau uda dibenerin, sapa yang ngebenerin, gimana ngebenerinnya. Sumber data dari mana, referensinya siapa (di itb ditanyain juga kalau ini, bedanya di sini kita mesti beneran ngerti tuh alpro, untung aja ngerti, hehe :D). Sebenarnya bikin program 2 minggu ini tu rasanya gimana gitu, apalagi kalau ini algoritma baru, mesti ngerti konsepnya dulu, alurnya kekmana, fungsinya buat apa, pake rumus apaan, blablabla. 2minggu maksa ini selesai juga akhirnya tadi malam (walaupun saya mesti kroscek ulang codingan pagi-pagi n lum dapet hasil yang sesuai, setidaknya mencoba, ya ga, hehehe :P). Plus, mungkin rada ribet juga soalnya mesti nerangin dalam bahasa inggris, but it's ok, uda sering presentasi juga, tetep aja riweuh! Ya, setidaknya 1jam presentasiin project kerjaan selama dua minggu kemarin ga sia-sialah. Prof ngasih saran yang berguna buat riset saya ke depan, plus ngasi pertanyaan yang bakal saya tanyain ke prof advisor saya rabu besok. Gapapa dibantai sejam, kalau dibantainya bermanfaat, ya ga? hehe... Uda gitu malam ini diundang makan malam juga ma prof ini, baek banget. Salut!

Legaaaaa rasanya beres satu....Huhuhu.... masih ada 2 lagi T_T. Plus meeting ma prof advisor saya besok rabu, lum nyiapin apa-apa sejak meeting jumat kemarin euy! Alamat baca paper ajalah kalau begini, plus nyari referensi yang mungkin bisa dipake plus mikirin analisisnya. Dan, rabu exam paling seram (Optimization a.ka. Kalkulus lanjut tingkat tinggi, hhahaha~). Kalkulus dulu mata kuliah favorit saya, sampai-sampai nilai selalu bagus (asli, ga nyombong ini). Tapi entah kenapa sekarang berbalik 180derajat, huhuhu. Mungkin karena mesti nginget2 rumus lebih dari enam tahun yang lalu kali ya? Atau sayanya yang terlalu malas belajar lagi, sok sibuk gara-gara riset di lab jadi ga sempet buka or baca kalkulus? Hm, menurut saya karena kurang latian sih. Mending kuliah tu dikasih tugas yang banyak sekalian biar latian, kalau ini ga ada sama sekali (ga maksud nyalahin dosen loh ya!). Berhubung saya tipe orang yang sukanya practice, kalau ga practice sering lupa, jadi kan wajar kalau kemarin parah hasilnya! (harusnya ga boleh nyalahin or mewajarkan sih, ini saya sendiri yang salah, ga belajar dengan beneran, ga serius belajarnya. a.k.a kurang waktunya, menurut saya). At least kalau di Indo ada temen diskusi soal beginian, kalau di sini ada juga, banyak sih, sayangnya mereka juga ga ngerti, malah kita sama-sama belajar menelaah apa yang diterangin prof di kelas. Pake ngeprint sample contoh trus dipelajari kok bisa ini dapetnya dari mana, hahaha, beda kuliah di Indo ma di sini mah.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe