Ngobrol-ngobrol Seputar Beasiswa (2)

4:34 AM

Melanjutkan postingan saya tentang ngobrol-ngobrol seputar beasiswa dulu, dan karena permintaan banyak teman yang ingin tahu gimana sih ngurus beasiswa, semoga saya istiqomah sharing tentang beasiswa ya :).

---Beasiswa Kuliah---


>>> Beasiswa Vokasi <<<

Terakhir saya posting mengenai beasiswa kuliah dengan jenis beasiswa vokasi. Nah, kali ini saya mau melanjutkan dulu soal beasiswa vokasi, karena ga banyak yang tahu kalau ada beasiswa ini. Kebetulan setelah lulus dari telkom, saya melanjutkan studi ke kampus gadjah duduk. Bukan mahasiswa reguler sih, ya namanya juga vokasi. Ternyata D4 ada juga di kampus ini [Ingat, d4 itu setara sama s1 yah... jadi jangan disalah artikan. Kalau belum tahu perbedaannya silakan searching di mbah google. Lagipula vokasi lebih eksis di luar negeri daripada negeri sendiri]. Sayangnya menurut saya untuk beasiswa ini agak kurang terorganisir dengan baik, jadi sebagai mahasiswa agak kurang puas sih, dibandingkan dengan perkuliahan secara biasa. Buat teman-teman yang pernah ambil beasiswa ini pasti ngerti di mana kurangnya. Walaupun begitu, tetep alhamdulillah, karena banyak hikmahnya. Biarlah nanti kiat-kiat memilih beasiswa dan baik buruknya beasiswa saya posting di kesan pesan seputar beasiswa.

Ok deh, back to beasiswa vokasi di kampus gajah duduk. Kita bisa lihat di webnya seamolec. InsyaAllah selalu up to date. Berdasarkan pengalaman, beasiswa ini lumayanlah buat teman-teman yang mau cari pengalaman kerja (karena kerja rodi di seamolecnya, plus kuliah di itb). Maksud kerja rodi di sini beneran kerja a.ka. ngerjain tugas yang bejibun, hikmahnya sih kita jadi terbiasa sama tugas seabrek kalau uda kerja beneran. Jadi ga kaget gitu. Tapi untungnya sejak kuliah di telkom sudah terbiasa nge-roro jongrang, jadi we di seamolec maupun itb juga uda terbiasa, hehe.

Untuk besiswa vokasi (d1,d2,d3,d4) yang lain biasanya tergantung kampusnya. Ada kampus (universitas, institut, sekolah tinggi, dkk) yang menyediakan hanya beberapa jenis vokasi, tidak semua jurusan atau program studi ada vokasinya. Kalau dalam negeri yang paling top sejak SMA ya di STAN, STIS, sama akamigas. Biasanya tiga institusi pemerintahan ini cukup dikenal di kalangan pelajar sma, terutama yang pengin jadi pns. Selain karena ikatan dinas (dulu, kalau sekarang kurang tahu masih atau ga), juga ada penempatan. Jadi, lulus dari sana langsung kerja gitu. Itu juga waktu gladi a.ka. kerja praktek a.ka. praktek kerja lapangan, teman-teman dapat pesangon juga (kata teman saya begitu). Nah... buat readers yang ga suka kuliah di bidang pemerintahan seperti di atas, bisa coba politekniknya ITS a.ka PENS. Terkenal banget ini politeknik, terutama di bidang teknologi. Mahasiswa lulusan sini biasanya gila-gila (baca: keren banget pinternya!). Soalnya saya punya teman, adik kelas yang lanjut di sana, plus dosen yang lulusan sana. Kalau soal beasiswanya, silakan mampir di web yang bersangkutan yah!

Sepertinya cukup segini sharing tentang beasiswa vokasi yang saya tahu. Kalau readers mau menambahkan, silakan posting di komentar :).







You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe