Ngobrol-ngobrol Seputar Beasiswa (1)

5:28 AM


Sesuai janji sama teman-teman n readers, posting saya kali ini mau ngebahas yang namanya beasiswa. Ga da niat buat sombong, insyaAllah. Lagian apa yang mau disombongin coba? Semua dikasih sama Allah juga. 

By the way, apa sih beasiswa itu? Kok kita sering denger orang berburu beasiswa, dapet beasiswa, dikasih beasiswa or apa pun itu yang namanya berhubungan sama beasiswa ya? Nah, menurut kbbi, beasiswa artinya tunjangan yg diberikan kpd pelajar atau mahasiswa sbg bantuan biaya belajar. Kalau menurut bang wiki, kira-kira begini:  
pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Pemberian beasiswa dapat dikategorikan pada pemberian cuma-cuma ataupun pemberian dengan ikatan kerja (biasa disebut ikatan dinas) setelah selesainya pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda-beda, tergantung pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut.
Adapun jenis beasiswa macem-macem, ada beasiswa dalam dan luar negeri. Di sini saya sharing sepengetahuan saya loh ya readers, jadi jangan digeneralisir semua beasiswa kek gini ya.

Sedikit sharing tentang beasiswa dalam negeri + swasta:
1. Beasiswa sekolah (saya sebut ini sekolah ajalah ya, meskipun banyak versinya). 
Maksud beasiswa sekolah di sini ya beasiswa yang disediakan oleh sekolah masing-masing, baik negeri maupun swasta. Biasanya ada, soalny zaman dulu waktu saya sekolah (sd-smp-sma, 1998-2007) ada terus beasiswanya. Itu juga kalau pas zaman saya dibagi dua:
    a. beasiswa dari sekolah (murni sekolah), entah dari pemerintah atau apalaha namanya,
    b. beasiswa dari komite sekolah (yang ngurus sekolah, biasanya orang tua atau donatur)
    c. beasiswa sponsor (biasanya yang swasta, kalau negeri kurang tahu)
Nah, soal beasiswa ini juga dibagi lagi, biasanya diberikan buat siswa-siswa berprestasi dan yang kurang mampu. Jadi, ada dua versi beasiswanya, beasiswa prestasi dan beasiswa sosial. Kalau ini kriteria tergantung sekolah masing-masing. Alhamdulillah dari sd-smp-sma dapet terus, hitung-hitung ngurangin beban ortu, kan ya? Lagian bisa ditabung juga... ini pun tergantung kebijakan sekolah masing-masing. Sharing cerita saya, dulu waktu sd beasiswa diberikan dalam bentuk pertukaran pelajar ke sd yang lebih unggul, tapi saya ga mau, jadi we netep di sd lama. Kalau zaman smp, beasiswanya dalam bentuk uang tunai, diumumin pas upacara bendera, yang dapet beasiswa disuruh maju satu-satu, trus diselametin deh. Beda lagi zaman sma. Di sma ini beasiswanya dalam bentuk pemotongan biaya sekolah. Maksudnya gini, saya ga perlu bayar sekolah lagi, karena udah dibayar pake duit beasiswa itu. Kebetulan selama dapet beasiswa ini beasiswa berprestasi, jadi saya ga terlalu tahu menahu yang beasiswa sosial. Tapi berhubung teman ada yang dapet beasiswa sosial, jadi tahu dikitlah. Intinya sama saja sih. Bedanya kalau beasiswa prestasi dikasihnya karena prestasinya. Ini macem-macem loh kalau masih setingkat sd-smp-sma. 
Beasiswa prestasi dikasih karena prestasi kek gini ini (berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman):

  • lomba melukis, menulis, poster, karate, MTQ, olahraga
  • lomba mata pelajaran/olimpiade (uda dapet hadiah olimpiade + beasiswanya pula)
  • drumband ato kesenian lainnya
  • dkk, pokokny prestasi
2. Beasiswa Kuliah (biar simpel, intinya beasiswa yang diberikan pas kita kuliah sih)
beasiswa vokasi >> dikasih buat mahasiswa diploma1,2,3. Bentuknya macem-macem. Berdasarkan pengalaman saya selama D3 di telkom (pas kebetulan swasta ya!, #bukanpromosi), di sini ada banyak (ga banyak sih pas zaman saya). Detailnya gini kira-kira:
Sepertinya itu aja deh yang saya tahu soal beasiswa vokasi di telkom (dulu ya, sekarang ga tahu gimana, udah ga update).
Tapi menurut saya, di kampus-kampus lain pun pasti banyak beasiswanya. Soalnya temen yang di ugm anak d3 juga dapet beasiswa, yang di stan juga dapet (uda otomatis ga bayar sih, jadi hitungannya bukan beasiswa, kali ya? hihihi). Intinya sih, tergantung kampus. Silakan readers sering-sering nanya n nyari informasi soal beasiswa ini. Syaratnya biasanya ga ngeberatin, tergantung kitanya mau gimana.


Beasiswa sosial dikasih ke tmn2 yang kurang mampu, dan/atau punya prestasi. Jadi, ga sembarang dikasih ke yang kurang mampu aja. 

Kalau sekarang, berhubung udah ada dana BOS, jadi mestinya sd-smp-sma uda ga bayar lagi kan ya? tapi saya juga kurang tahu sih, soalnya adek saya masih bayar (lebih dari setahun lalu sih, sekarang uda lulus dia). Nah, segini kira-kira penjelasan mengenai beasiswa sekolah yang saya tahu. Kalau readers pengen dapet beasiswa buat ngeringanin beban or hitung-hitung nambah tabungan, sok aja tanyain ke yang bertugas di sekolah soal kek gini, biasanya guru-guru or petugas bk pada tahu, ato komite sekolah. But, jangan sekali-kali nanya ke tata usaha, coz rata-rata tahunya soal beasiswa aja, ga tahu soal detailnya, hehe :P.

Nah.... kalau beasiswa ini banyak bener macemnya. Sd-smp-sma kan gitu-gitu aja bentuk beasiswanya, kalau ini beda banget plus kadang bikin bingung mau ambil yang mana, hahaha. Ok deh, sesuai pengalaman aja ya, beasiswa ini dibagi tiga, beasiswa vokasi, sarjana, dan pascasarjana. Apa sih bedanya?

       a. beasiswa jppa-n/u, ini dikasih buat mahasiswa sejak pertama kuliah sampe akhir beres, ga perlu bayar biaya kuliah sama sekali. Syaratnya bisa diliat di webnya langsung aja ya! Di sini trus searching deh 'beasiswa', atau yang detail sejak pendaftaran ada di sini. Sahabat saya ada yang dapet ini beasiswa, orangnya ga cuma pinter bener, tapi emang cerdas dan baik banget. Mereka ini juga ipk-ny always 4, keren kan?
      b. beasiswa sponsor perusahaan, HP AMD (dulu sponsornya ini, kalau sekarang ganti ya beda lagi :P). Nah, beasiswa ini bentuknya reward. Maksudnya gini nih, ga mesti dalam bentuk uang kan ya? Semacam pertukaran pelajar atau kunjungan industri gitu. Kalau pengalaman saya dulu, bentuknya kunjungan industri ke singapore (ke HP n AMD). Pas zaman adek kelas saya, mereka ke Malaysia n Hongkong kalau ga salah. Jadi, beasiswa sejenis ini tergantung sponsor. Kalau sponsornya perusahaan dalam negeri bisa juga sih, semacam djarum, bank, dll, intinya tergantung sponsor mau ngasi dalam bentuk apaan.
      c. beasiswa prestasi (mahasiswa unggulan), di sini macem-macem lagi prends. Pertamax: bisa dalam bentuk prestasi akademik (ipk >3.5), prestasi nonakademik (menang lomba or olimpiade or kesenian, dkk). Biasanya diumumin persemester. 
     d. beasiswa reward prestasi, yang ini takbedain dari beasiswa prestasi. Kenapa? Karena waktu pemberiannya beda sama yang di atas, dikasihnya waktu sidang senat. Biasanya kampus punya calonnya, kita-kita yang mahasiswa ga perlu daftar, ini semacam reward gitu. Kampus uda nyeleksi jauh-jauh hari, siapa mahasiswany yang pantes dikasih hadiah. Eh, tiba-tiba kita dapet panggilan buat ngehadirin sidang senat. Nah, ternyata dapet reward, alhamdulillah :).
   e. beasiswa sosial, di mana-mana keknya pasti ada ini deh, Beasiswa ini ngebantu mahasiswa yang kurang mampu tapi berprestasi untuk maju. Jadi, kalau readers merasa kurang, jangan sungkan nyari beasiswa, mumpung peluang selalu ada, ga ada salahny usaha kan ya? Kali aja nyantol satu juga udah alhamdulillah:).





Selanjutnya disambung kapan-kapan ya... mau rehat dulu, terus siap-siap ke lab.
Happy nice weekend, Jumat mubarrok!
Keep reading quran, al kahfi for jumat!
Fighting!


Ulsan, 30 Mei 2014
_zmv_

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe