Bulgoksa and Anabji

10:08 PM

Ceritanya minggu kemarin saya refreshing bareng teman-teman dari universitas terbuka Korea. Berangkat bareng Mb Retno sekeluarga, saya naik bus ke Gyeongju, kota tradisionalnya Korsel, yang notabene jadi kota terakhir kerajaan dinasti Jeoson. Nyampe sana langsung foto-foto bareng temen-temen. Ini penampakannya:

di depan gerbang bulgoksa
di dalem bulgoksa
Kalau dibandingin sama Borobudur mah jauh bener. Masih lebih bagusan Borobudur, sekalipun ini temple Budha yang terkenal. Indonesia jauh lebih bagus. Intinya saya rada kecewa pas masuk sini, takirain bagus banget, ternyata ya biasa saja. Kalau di Anabji, berhubung musim semi kemarin saya sudah pernah ke sana, dan summer ini maen ke sana, rada guilty. Coz uda ga bisa liat bunga sakura lagi. Lagian tempatnya biasa banget. Yang bikin bagus sih tempatnya terawat, plus ikanny gemuk-gemuk, dan bersih. Tapi tetep lebih megah-an Kuil-kuil di Indonesia sih, saya bandingin sama Klentheng di Magelang, Jogja, or Semarang saja, bisa dibilang sama. Ini pendapat saya loh ya, hahaha.

bersih dan terawat kan? 
Nah, yang paling bikin berkesan bukan tempat wisatanya malah. Justru bis yang ngangkut kita yang bikin saya terkesan banget. La gimana ga coba? Baru perdana ini saya naek bis yang layar TV-nya segedhe itu, bersih, acnya nyaman, jendelanya, gordennya kayak istana, bisa karaokean di dalem bis, ga pake burem itu tv kek di Indo, plus, ada coffee machine di dalem! Subhanallah, ini pemerintah Korea bener-bener perhatian banget sama warganya, sampe-sampe bis aja dibikin kek gini. Bis buat touring or pariwisata mpe segininya. Kalau dibandingin sama Indonesia, jauh bener, dulu saya touring aja bis pariwisatanya ga segini-gini amat, apalagi bis malamnya. La ini cuma buat perjalanan berapa jam seharian gitu loh. Ya, kalau masalah keindahan alam, saya lebih bangga sama negara tercinta, Korea kalah jauh, coz di Indonesia ada semua. Cuma kalau transportasi umum ini, negara kita jauh tertinggal. huhuhu.... Ok deh, ini penampakan daleman bisnya, sayang saya ga poto luarnya. Tapi luarnya biasa aja, kayak bis-bis biasa, cuma dalemnya prends, kereta api argo wilis kalah deh...

daleman bis, layar tv plasma, di depan ada coffee machine

karaokean di bis mantap kan? hehe





You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe