Perdana Nge-Mc di acara Halal bi Halal dan Konser Amal Korea

6:07 AM

Jadi ceritanya saya jadi mc dadakan untuk acara halal bi halal dan konser amal untuk Palestine. Acara ini diselenggarakan oleh Pumita Busan (persaudaraan muslim indonesia di Busan, Korea). Sponsornya cukup banyak. Dimotori oleh PCINU Korea, plus disponsori Garuda Indonesia, dan banyak lagi.

Menurut saya pribadi, persiapan untuk acara ini sangatlah kurang. Di sana sini banyak yang kurang pas, komunikasi. Wajar sih, panitianya gabungan mahasiswa dan pekerja tki di sini. Walaupun pumita sudah sering mengadakan acara besar sekelas tabligh akbar, namun kekurangan ya tetap ada, yaitu kurang kompaknya panitia. Tidak hanya saya, sahabat saya pun berkata demikian, meskipun dia bukan orang Indonesia. Ya, saya akui, mungkin panitia memang tidak kompak, kurang terorganisir, tapi saya tetap salut sama panitia semua. Meskipun kondisinya cukup ga bangetlah persiapannya, bisa dibilang dadakan. Gimana ga dadakan coba? Saya memang kurang tahu kondisi awal kepanitiaan seperti apa, karena saya baru terlibat seminggu sebelum acara. Itu juga baru benar-benar nyemplung ke acara tiga hari sebelum event, hahaha. Ada gitu ya, mc masih dirundingkan seminggu sebelum acara, terus ga jadi, dan jadi juga didaulat jadi mc tepat tiga hari sebelum hari-h. Alhamdulillah sudah pernah nge-mc, walaupun masih minim banget. Saya seneng banget bisa bantu teman-teman, apalagi acara-acara kayak gini! Alhasil saya dan mz Danny latihan hanya sebentar, dua kali langsung naek panggung, wkwkwk... anyway... ini pengalaman tak terduga.

Awal persiapan nge-mc saya dan mz Danny latihan via skype, dibimbing Mz Boy (Andy Tirta), kami latian dan membahas teknis mc yang pas untuk tabligh ini. Selanjutnya saya dan mz Danny ketemu hari Sabtu sore. Sembari menunggu kedatangan mz Dan, saya ngelab dulu, maklum mahasiswa lab ini, jadinya nyicil kerjaan... hehehe :P.

Begitu sampai, mz Dan telepon dan saya langsung menuju tkp. Di gym kampus sudah banyak orang, kebanyakan tki dan mahasiswa. Mereka menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk besoknya. Setelah sholat ashar, kamipun latihan, draft dibuatkan oleh mz Aikyu. Alhamdulillah, ngobrol sebentar sama mz Danny, kami langsung cocok, tidak perlu diulang-ulang latihannya, tinggal improvisasi saja. Beres latian kami diskusi soal baju. Haduh.. ini yang lumayan susah... ga ada yang cocok bro! MC kan mesti kompak ya, dan kita limited edition gitu deh bajunya... beberapa baju batik dikeluarkan, dibantu mz Aikyu dan mz Suharno, kami memilah baju untuk besok. Akhirnya diputuskan mz Danny pake batik yang dia pake untuk nge-mc sebelumnya, nyesuaiin sama baju batik saya, krem-doi kuning emas gadhing. Dari sini saya mikir deh... sayang banget baju-baju bagus ga dibawa ke Korea, semua ditinggal di Indonesia.... hahaha.... Kasihan lihat mz Dan dan teman-teman panitia lain, muka-muka capek semua. Setidaknya saya senang bisa bantu meski hanya sedikit.

Besoknya, pagi-pagi sekitar satu setengah jam sebelum acara dimulai, saya otw ke tkp. Di sana udah banyak banget orangnya, shock juga saya. Badai yang melanda Ulsan karena adanya Typhoon, tidak mematahkan semangat panitia dan jamaah sekalian. Hujannya sejenis badai di Magelang, anginnya bisa dibayangkan kayak Bandung deh, tapi mereka tetap datang, bahkan nyampe ribuan. Benar-benar di luar dugaan, target awal sekitar 800 orang, itu juga prediksi hanya daerah selatan saja yang datang, eh ternyata teman-teman yang dari utara, semacam Seoul, Ansan, Gwangju, dkk pada datang juga. Salut! Kontras banget deh sama di Indonesia ya! Inilah yang bisa dirasakan, memang benar, ketika kita jauh dari negeri sendiri, kita akan jauh lebih menghargai dan mensyukuri nikmatNya. Kalau di Indonesia kan pengajian di mana-mana, gampang, tinggal pilih mau ke mana, nonton tv jg ada. Nah, kalau di Korea sini, karena Islam baru berkembang, jadilah acara-acara seperti ini yang jadi pemersatu kita sebagai bangsa Indonesia. Kami merasa dipersatukan kembali, bisa bertemu orang-orang sebangsa dan setanah air.

Ah... balik lagi ke mc ya... persiapan sebelum live, kami di ruang panitia. Eh... mz Danny-nya lum mandi, doi ga tidur prends... kasian bener liat mukanya, merah semua itu mata. Jadilah setelah doi mandi dan ganti baju, kita dandanin sedikit. Kalau mb Mila makein bedak, saya nyelakin, dibantu mz Yudi, kami bertiga memermak mz Danny biar ga keliatan kusut. Hasilnya? Jangan tanya... shock dia lihat mukanya... matanya kayak tajem gitu. Ya... saya kasih kajal biar nyamarin merahnya mata. Bapak-bapak dan teman yang lain juga pada ketawa. Biarin dah.. yang penting seger matanya :P.

Dan.... kamipun mulai nge-mc deh... Perdana saya nge-mc di depan jamaah sebanyak ini. Terakhir jadi mc di acara yang gedhe ya pas nge-mc bedah bukunya Habiburahman El-Shirazy, Cinta Suci Zahrana, sama Meyda Sefira. Kira-kira sudah hampir dua tahun yang lalu itu... udah lama banget, kan? Setidaknya jadi mc lagi itu menyenangkan. Ah, kenapa ga dari dulu-dulu nge-mc acara yang gedhe sekalian ya? Saya kan bisa banyak belajar. Anyway, terima kasih buat panitia yang sudah memberi kepercayaan kepada saya buat jadi mc. Makasih juga buat mz Dan yang sabar ngajarin saya, walaupun sempet di awal-awal rada kaku juga sih saya, maklum masih canggung sama mz Danny, la kenal juga baru seminggu.

Di awal-awal mc, mz Dan terus yang ngomong, salam juga doi duluan, ga ngasih kode ke saya buat bareng, padahal udah kita bahas sehari sebelumnya, bagian mana saja yang mesti bareng dan tidak. Ya, saya ngerti sih, doi lagi tegang, stress karena banyak masalah di persiapan, soalnya doi ketua panitianya, plus ngerangkap jadi mc. Kebayang kan gimana susahnya? Jadilah saya beri support, saya suruh senyum dia. Selepas pembukaan, kalau ga diingetin mungkin mz Dan masih cemberut dan nervous, ya bisa kacau dong acaranya... alhamdulillah setelah ngobrol-ngobrol dikit, doi uda mulai tenang... kita nge-mcnya jadi enak dan kompak juga akhirnya!

Acara demi acara dilalui. Jamaah makin membludak, cowok semua sih rata-rata yang banyak, walaupun ada ceweknya juga. Kalau kata salah satu panitia, 10ribu cowok berbanding dengan 1cewek.. hahhaa, ada-ada saja. Eh... ternyata ga cuma orang Indonesia saja yang datang, beberapa foreigner mix married juga datang. Ada orang korea juga, dan... yang paling penting, sahabat saya juga datang! Ga nyangka doi mau datang setelah debat semalam, hehe :P. Seneng banget liat dia datang... apalagi enjoy sama acaranya... sampai-sampai pas reog ponorogo dia video juga!

Anyway... so far so good acara berjalan lancar. Di luar ada bazar makanan buat yang laper. Saya ga nengok detail bazarnya, cuma lewat sekilas pas mau ambil wudhu. Tapi kalau dilihat cukup ramelah itu.

Beres pagelaran budaya, saatnya sambutan-sambutan. Setelah panitia, garuda indonesia, terus dari Korean Muslim Federation (KMF) yang dibawakan sama Imam Yaseer Lee (orang Korea ini) dan diterjemahkan sama mz Danny (soalnya pake bahasa Korea, saya kan belum lancar2 banget :P), habis itu dari kampus dan kbri.

Oh ya, kejadian yang bikin deg-degan adalah pas Vice president dari international office balik lagi ke kantor sebentar, dan mestinya uda mau sambutan! Paniklah kita mc berdua... jadilah bagi tugas. Mz Dan yang ngehandle acara, saya yang nyari Prof. Chong selaku vice president. Alhamdulillah.... prof ketemu juga, dianterin sama mz Joko dan pak Didik dari kbri, prof naek ke panggung langsung ngasi sambutan. Di sini saya jadi penerjemah dadakan. Untung pake bahasa Inggris, kalau bahasa korea berabe! Wah,,, hal baru buat saya ini, nerjemahin secara langsung, biasanya nerjemahin tulisan soalnya.

Setelah sambutan selesai semua, langsung ke acara inti. Halal bihalal dan konser amal. Acara ini kami serahkan ke Cak Nun sekeluarga langsung. Diawali doa dan sholawatan, lalu barzanji, acara makin seru saja. Ada anak-anak mb Via (Novia Kolopaking) pada nyanyi, lancar pula ini yang putri nyanyi lagu korea! Yang masih kecil-kecil, nyanyiin lagu pake bahasa jawa plus ngerap! Terkagum-kagum kami panitia dan jamaah... anak kecil uda segitu kerennya, bahasa jawa dibikin rapper bisa juga ya?

Acaranya makin seru dengan adanya mz Sabrang a.ka Noe (Letto). Doi favorit saya dan adek saya loh! Baru tahu kalo Noe itu anaknya Cak Nun ya di Korea ini (ke mana aja ul?). Saya jadi ngerasain, jadi gini tah ketemu favorit secara langsung. Speeechles! Ga bisa ngomong apa-apa. Sampai-sampai Tia nanyain, mb kenapa mb? Itu mz Noe Letto kn ya? Hahaha! Happy! Beneran deh.... Noe ga kaya yang di tivi-tivi... badannya gedhe tinggi. Ganteng? Ga terlalu.. biasa ajah... tapi ramahnya subhanallah! Sama kayak bapaknya, Cak Nun. Ini sekeluarga super ramah. Cak Nun benar-benar merakyat. Beliau duduk di bawah bareng jamaah, lesehan! Dan sejak awal pagelaran budaya jamaah dan pengisi acara selalu nyuri kesempatan buat salaman sama beliau. Kalau mz Dan bilang, "saya kasian sama tamu-tamu dari kbri dan kmf, jamaahnya lebih hormat ke Cak Nun, hahahaa." Ya... mau gimana lagi dong... benar kata ibu saya, mau artis kek, presiden kek, pejabat ato apapun yang punya pangkat... pasti kalah sama kyai dan ulama, karena ulama adalah pewaris para nabi, sesuai dengan hadist:
الْعُلُمَاءُ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ
"Ulama adalah pewaris para nabi." (Hadist Riwayat at-Tirmidzi dari Abu ad-Darda ra.) 
Saya lebih salut lagi sama Cak Nun sekeluarga yang mau nginep di motel seharga 100ribu won (tiga kamar) buat semua. Mereka humble bener yak! Kalau orang terkenal lain, mana ada yang mau? Jarang banget! Ya semoga Allah melimpahkan nikmat dan rahmatNya untuk Cak Nun sekeluarga. Aaamiin....

Satu lagi yang bikin saya salut. Jamaah yang notabene kebanyakan tki, masyaAllah... mereka menyumbangkan sedikit dana infaq dan sedekah untuk Palestine. Ga tanggung-tanggung juga, ada yang nyumbangin 3.7juta won atau sekitar 370juta rupiah.... super! TKI bro, sist! Kalay ditotal hasil infaq sodaqoh plus lelang sampe sekitar 28juta won atau 280jutaan rupiah. Gila kan! Sehari bisa segitu! Kalau TKI aja sedekahnya sampe segitu gedhe, masa kita-kita yang lebih masih aja kurang sedekah? #tanyakenapa.

Alhamdulillah, acara kemarin berjalan dengan lancar, walaupun persiapan saya rasa kurang banget. Pun dengan panitia yang sudah sekuat tenaga mengusahakan agar acara kemarin sukses. Dan... beneran deh teman-teman, jika Allah sudah berkehendak, semuanya jadi mudah. Jika kita niatkan untuk menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolong hambaNya, dan biasanya pertolongan Allah muncul tak terduga.

Sesuai dengan Quran surat Al Hajj 39-40:
 أُذِنَ لِلَّذِينَ يُقَاتَلُونَ بِأَنَّهُمْ ظُلِمُوا وَإِنَّ اللَّهَ عَلَى نَصْرِهِمْ لَقَدِيرٌ، الَّذِينَ أُخْرِجُوا مِنْ دِيَارِهِمْ بِغَيْرِ حَقٍّ إِلَّا أَنْ يَقُولُوا رَبُّنَا اللَّهُ وَلَوْلَا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَهُدِّمَتْ صَوَامِعُ وَبِيَعٌ وَصَلَوَاتٌ وَمَسَاجِدُ يُذْكَرُ فِيهَا اسْمُ اللَّهِ كَثِيرًا وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ 
 ( الحج: 39-40 )
"Diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka dizalimi. Dan sungguh Allah Maha kuasa menolong mereka itu. (yaitu) orang-orang yang diusir dari kampung halamannya tanpa alasan yang benar, hanya karena mereka berkata, “Tuhan kami adalah Allah.” Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagaian manusia dengan sebagaian yang lain, tentu telah dirobohkan biara-biara, gereja-gereja, sinagog-sinagog dan masjid-masjid yang di dalamnya banyak disebut asma Allah. Dan sungguh Allah akan menolong orang yang mau menolong (agama)Nya, sesungguhnya Allah itu Maha Kuat lagi Maha Perkasa." (QS. Al-Hajj: 39 – 40) 
MasyaAllah.... Allah ngasih bantuan tak terduga. Tiba-tiba pihak kampus jadi baik. Bus-bus diberi kebebasan bayar parkir alias free, jadongja atau mobil dikasih diskon 1000won perjamnya! Keren banget!
Superlah ini... di sore hari di tengah rinai hujan, Allah menunjukkan bukti kasih sayangNya! Alhamdulillah....

Baiklah... berikut sedikit foto-foto penampakan kami di acara halal bi halal ini :P.
saya dan mz Danny

Cak Nun, Prof Chong, Pak Cecep & Pak Didik (KBRI), Imam Yaseer Lee (KMF)

aslilah... ga pake editan ini

akhwatnya dikit... ikhwannya super banyak
reog ponorogo
my favorite, Noe!
Sumber gambar:
Facebook KMI Korea & Twitter, arahkan kursor ke tulisan di bawah gambar/fotonya. 


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe