Ceritanya "Diperhatikan"

2:00 PM

Sudah lebih dari sebulan saya di Korea. Alhamdulillah menikmati suasana di sini, meski bisa dibilang berat tapi bisa dijalani dengan enjoy. Berat di sini bukan soal ibadah, bukan juga soal makan, bukan juga soal pergaulan. InsyaAllah tetek bengek seperti itu cepat adaptasinya. Berat di sini adalah belajarnya. Maklumlah, selama kuliah di telkom kami masih zaman percobaan, jadi belum semua mata kuliah mendetail seperti telkom yang sekarang (yang sekarang kalau lihat di websitenya sudah bagus dan terarah). Juga sama sih, selama kuliah di itb, meski hanya setahun, sedikit banyak cukup membantu, meski saya rasa masih kurang. Intinya sih, ilmu yang saya pelajari selama kuliah di telkom dan itb cukup membantu saya survive di sini, meskipun harus mulai dari nol juga. Dan, pengalaman setahun di kaspersky dan unpad juga sangat membantu, dunia kerja mengajarkan banyak ilmu nyata daripada teori. Tapi ya tetep aja sih, belajar di negeri orang beda sama belajar di negeri sendiri. Meskipun prof baek banget, tapi kan tetep aja pengin ngerti apa yang dipelajari, ya kan? 

Sebenarnya lumayan juga, matakuliah di sini tergolong baru didalami, dan sebetulnya saya pernah tahu sekilas-sekilas dulu, tapi memang zaman kuliah dulu ga pernah dibahas sama dosen, atau memang mahasiswanya yang rada males kali ya? hehehe. Tapi tetap saya syukuri, tiga matakuliah, riset lab, plus korean class lumayan bikin sibuk. Sampai-sampai waktu 24jam rasanya kurang banget. Maunya melek terus, tapi kalau dipaksa badan ambruk juga, kan? Saya ga mau kayak dulu waktu di telkom, masa masuk rs lagi? hahhahaa. Kalau selama di itb dan unpad alhamdulillah sehat karena di kota makananny lebih bersih dan saya sudah menerapkan diet pola makan, jadi sehat deh :).

Anyway, di sini beda banget. Alhamdulillah begitu nyampe Korea banyak orang yang perhatian sama saya. Perasaan muka saya bukan muka minta perhatian, tapi kalau si Shandi bilang saya muka polos, makanya banyak orang yang pada perhatian (bukan ge-er ya!). Dan bener sih, ceritanya sudah sebulan ini banyak banget yang perhatian dan ngasih perhatian, entah itu orang sebangsa dan setanah air, ataupun foreigner di sini. Tapi beda, teman dan sahabat yang tahu karakter saya pasti ngertilah, kalau saya ga suka perhatian. Bukan ga suka, perhatian suka, tapi ya jangan terlalu concernlah... Sempat saya curhat sama Nanda, teman kosan dulu, selama di Bandung, apa-apa selalu saya lakukan sendiri. Mulai dari keperluan pribadi sampai yang kerjaan berat, bisa saya handle. Di Indonesia, saya sering traveling sendiri, kuliner sendiri, jalan-jalan sendiri. Jarak ga jadi masalah, mau ke mana-mana kalaupun sama teman dan sahabat, pasti saya nyetir motor sendiri, kan? Kecuali gantian kalau udah capek. 

Nah, di sini, saya jadi adek banget, saya ga pengin itu, tapi berhubung semua lebih tua daripada saya, mau gimana lagi, ngerasain jadi adek ada enaknya ada enggaknya. Semua diatur, bukannya saya ga suka, cuma kontras banget sama karakteristik saya yang aslinya ini. Di sini, kemana-mana pasti mesti bilang sama teman-teman. Kemana-mana ga bisa sendiri, malah mereka nungguin sampai acara saya selesai. Kalau pulang malam pun pasti harus ngabarin (sama sih, di bandung juga dulu). Bedanya, kalau saya pulang kemaleman dikit aja, padahal dari lab jam10, nyampe dorm jam10.15, atau kalau lagi ngajar di Busan bisa malem banget pulangnya, jam11sanlah, sahabat saya di sini uda ngambek aja, saking khawatirnya kalau ga dapet kabar dari saya. Hadeuh.... saya syukuri itu semua, tapi ga harus segitu juga kan? Baru nemu orang kek gini di sini, ga cuma satu, tapi banyak. Dan, kalau saya keliatan pucet dikit aja, sakit misalnya, semua pada nanyain, ga di dorm, d rumah mb Retno, atau di lab, pasti pada nanyain. Kalau di dorm dan mb Retno wajar, karena kita deket, kalau di lab surprise banget. Bahkan orang Korea di lab selalu ngasi perhatian kalau saya ada beda dikit, begitu juga sahabat Bangladesh saya. Semua pada perhatian, alhamdulillah. Si Myrna ga pernah ngebolehin saya keluar kamar kalau belum sehat betul, Mb Retno juga, selalu ngasi nasi banyak sampai akhirnya saya protes karena memang saya ga bisa makan nasi banyak-banyak, lauk sayur banyak ok, nasi banyak, ga. Sama juga si Barman dan Seon Hoon, saya malah disuruh pulang ke dorm dan istirahat gara-gara mereka liat saya pucet, padahal sayanya ga ngerasa sakit, hehehe. Gitu juga teman baru saya, Daniello, yang aslinya dari Panama, selalu say hello dan nanya kabar, bilang kangenlah, padahal ya baru ketemu rabu kemarin dan kita cuma ga ketemu dua hari, wkwkwkwkwwkkw.. 

Ya, Alhamdulillah, Allah terlalu baik ngasih orang-orang yang ngebantu saya survive di sini. Tapi tetep, berasa banget bedanya ya, pribadi yang dulunya selalu bisa ngapa-ngapain sendiri, sekarang ga lagi. Saya tahu mereka sayang banget sama saya, tapi aneh aja, ga jadi diri saya sendiri lagi yang dulu, hehehe, sekarang jadinya 'adek' buat semua orang. Ceritanya 'diperhatikan' sebagai adek itu ada enaknya dan enggaknya, memang mungkin saya ga jadi diri sendiri seperti dulu, tapi disyukuri aja, dinikmati jadi 'adek'-ny untuk sekarang, karena kan manusia kadang bisa jadi siapa saja, dulu memang saya ngemong orang terus, dan jadi kakak terus, sekarang saatny ngerasain jadi adek :P.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe