Dan akhirnya pun harus ditambal :(

9:37 AM

      ilustrasi gigi berlubang
Ceritanya kemarin saya periksa gigi, berhubung dua minggu yang lalu sakitnya ga nahan banget. Waktu sakit parah sudah saya kumur-kumur pakai air garam, alhamdulillah cukup ngurangin rasa sakitnya, tapi ga tahan lama juga. Nanda menyarankan saya menggigit cengkeh, untung pas punya, biasanya saya pakai untuk masak jahe. Dan akhirnya saya gigit itu cengkeh pas di gigi yang sakit, ga ada lubang sama sekali loh. Alhamdulillah setelah gigit cengkeh, udah agak mendingan dan esoknya pun ga sakit lagi. 

Cerita itu saya sampaikan ke sahabat saya, Nindya. Kebetulan dia seorang calon dokter gigi yang lagi ko-ass di rsgm unpad sekarang. Katanya saya mesti cek, siapa tahu ada masalah lain. Nah, pas dicek kemarin itu, awalnya baik-baik saja. Gigi saya ga berlubang, masih normal, mahkota juga masih utuh, dan pas diketuk juga ga sakit. Tapi pas dokternya ngecek ulang, super deh... nyeri banget pas diektuknya kenceng-kenceng, pas bagian yang sakitnya. Dokternya sesuatu deh yang di bagian konservasi gigi ini. Galak bener, baru saya lihat dokter kek gini, kek dosen aja! Dan benar kan, pas nanya ke Nindy, lagi ada sidak soalny, hohoho. 

Akhirnya saya mesti dirontgen juga. Dibantu sama Nindy, saya ambil foto rontgen dua kali, yang pertama gagal karena geser filmnya, yang kedua baru berhasil. Dibantu dokter di bagian foto rontgen, baik banget ini dokter, saya dikasih paralel buat bantuan. Ga galak dan ramah banget, beda sama yang di konservasi. Ya, orang beda-beda sih... wajar kok :P. Habis foto dan keluar hasilnya, terkejutlah saya, gigi normal tapi lubang di dalam, ckck.... kok bisa begitu ya? dan saya baru ngerasa sakit beberapa minggu yang lalu saja, dulu ga pernah soalny. Kata Nindy, untuk usia segini dan baru pertama tambal gigi, itu udah bagus banget. Berarti giginya sehat, sakitny karena faktor usia gigi sudah lama, dan kalau terlambat sedikit saja bisa ke akarnya (duh... ngeri banget deh). Jadilah saya ditambal sementara. Waktu ngebor gigi saya butuh waktu cukup lama, karena mahkota giginya terlalu kuat, padahal dalamnya lapuk juga :P. Setelah hampir dua jam ngebor gigi dengan penuh perulangan karena mesti dilubangin sebesar-besarnya, ternyata setelah dicek sama dokter mesti dimatikan syarafnya. Karena syaraf saya mati sebagian, dan bahaya kalau dibiarkan bisa menyebabkan sakit yang lebih parah (baru tahu ini, syaraf mati itu ga bagus). Dan.. setelah perjuangan panjang sahabat saya, akhirnya tambal sementara pun selesai. Ga lagi-lagi deh gigi berlubang, meski cuma satu gigi, cukup jadi pelajaranlah ya... 

Hikmahnya:
1. Gigi sakit wajib diperiksain, sapa tahu sudah lubah seperti saya ini.
2. Gosok gigi mesti bener, alhamdulillah saya termasuk pasien yang langka dengan kondisi gigi yang sehat dan lubang satu saja,
3. Syaraf mati itu bahaya, bisa nyebabin penyakit lain, so hati-hati
4. Jadi ko-ass capek sih, tapi manfaatnya super...
5. Dokter juga manusia, ada yang jutek ada yang ramah, kalau nemu salah satunya, maklumin aja,
6. Jaga kesehatan penting banget, mulai dari gigi dulu!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe