Bollywood vs Korean vs Japanese

10:36 AM

Taj Mahal,, India

Korea

Jepang

Baik lagu India (Bollywood), Korea, Jepang, saya suka semuanya. Selain bahasa Jawa, Indonesia dan Inggris tentunya. Kita harus selektif memilih lagu kan ya? Agar tidak terjerumus ke hiburan semata dan melupakan fitrah kita sebagai muslim. 

Saya tidak akan banyak membahas lagu atau film berbahasa Indonesia atau Inggris, point saya di sini lebih pada bollywood dan Korea. Hm, tidak banyak orang yang suka lagu India, ini spesial menurut saya. Walaupun banyak yang melihat kalau lagu India dan dangdut itu identik sama, menurut saya jauh berbeda, baik dari segi aransement maupun liriknya(sudah pastilah). Kalau dangdut saya ga suka, terlalu gimana gitu ya, kecuali dangdut zaman dulu mungkin, tembang lawas kan bagus-bagus, liriknya ga neko-neko, dan sarat makna. Kalau yang sekarang ngeri deh dengernya, ga bangetlah. 

Anyway, saya suka lagu India sejak kecil. Sejak TK mungkin kali ya. Disebabkan nenek saya yang suka nyetel film India tiap hari, plus zaman dulu film India masih menjamur di Indonesia. Saya masih ingat sedikit film-film India jadoel yang diperankan oleh Amitabbachan, Darmendra, Jetendra, Mitun, Hemamalini, Sri Devi, 5 kembar(sebutan saya untuk Manisha Koirala, Raveena Tandon, dan lupa siapa lagi :P), Madhuri Dixit, Juhi Chawla, dll. Zaman dulu film India mudah ditebak, kalau ga soal tembak-menembak, cerita ramayana, cerita sejarah, atau romace, pasti horor. Kalau tembak-tembakan sampai hafal endingnya bakal gimana, romance ga terlalu ngerti karena saya masih kecil waktu itu. Tapi saya paling suka yang cerita ramayana, ada nilai sejarahnya. Karena saya memang suka yang tradisional sih, hehehe. Oh ya, untuk lagu atau film India sejak Kuch2 Hota Hai, makin banyak film yang bagus, dan ga melulu soal romance, ada action. dan film-film inspiratif juga. Aktornya juga enak dilihat. Yang saya salut mereka ga pake oplas (operasi plastik) tapi bisa bikin make-up yang eye catching, soft, dan cantik-cantik (padahal aslinya biasa aja loh, item2, tapi memang manis sih). Saya paling suka make up matanya, super deh... keren banget, cocok buat kondangan buat yang tebel, dan muka juga soft, sesuai dengan warna kulit yang cenderung gelap. Sayangnya bajunya sih, kalau dulu lebih tertutup rapi, sekarang rada kebuka, well, that's not the point. Point utamanya sih kita ambil positifnya aja, mereka bisa bangkit gitu, mana ga cuma film, lagu, tapi teknologi juga keren banget. Pusay Database di India, hm.. wajar sih, pekerja keras mereka ini. Ok deh, ke lagu ya sekarang. Lagu-lagunya sekalipun ga ngerti bahasanya (ngerti dikit sih, cz d rumah keluarga ada yang bisa bahasa India, Urdu, dll, jadi suka nanya!), tetep suka! Lagunya menentramkan hati, sesuai moodlah gitu. Kayak kita terbawa lagunya walaupun ga ngerti semua liriknya. Eh, ke sini-sini ternyata banyak teman-teman yang suka juga, tapi pada diem, karena memang jarang yang suka lagu India, hahaha!  

Well, dibandingin sama Korea, ga cuma Korea ya sebenarnya, Asian Drama deh (Asia Timur dan sekitarnya), untuk teknologi memang jagoan di Asia sih, dramanya juga okeh-okeh. Dari zaman kecil masih inget putri Huan Zhou, Pendekar Rajawali, dll. Pokoknya yang tradisional keren-keren, apalagi ada adegan cewe yang bisa silat, wah... keren abis, perempuan yang bisa bela diri itu keren! Walaupun  khususnya Korea, sudah lama juga saya sukanya, dari SD kalo ini, kan India duluan yang masuk ke Indonesia :D. All about Korean, saya ga terlalu suka Kpopnya sih, habis banyak banget, ga apal pula namanya. Kalo dramanya is always! Bagus-bagus dan menarik, bisa aja mereka bikin ide film. Untuk urusan lagu Korea, saya lebih suka soundtrack film sih. Selain sesuai dengan alur cerita, mood pun cocok. Kalau lagu-lagu kpop ga, malah teman-teman yang cowo+bapak-bapak ini yang suka (wkwkwkwkwk....). Kenapa suka Korea? karena kebanyakan dramanya memotivasi. Ada beberapa series yang bikin saya bangkit saat benar-benar jatuh beberapa tahun lalu. Seperti Running Man yang selalu bikin saya ketawa lepas menghapus beban atau To The Beautiful You yang membangkitkan semangat seorang atlet yang cedera dan ga bisa maju lagi, atau Dream High yang ngingetin kita soal Mimpi. Lagu-lagunya pun liriknya dalem-dalem (selalu saya cari tahu artinya plus hangeulnya buat belajar: persiapan, ceritanya). Favorit saya adalah artis Solo + Soundtrack, bukan Kpop ya! The One, Baek Ji Young, LSG, Suzy dll yang Solo deh.

Selain Bollywood dan Korean, Jepang juga ga kalah sih. Yang saya suka dari Jepang selain teknologinya juga film-nya, tapi milih-milih sih. Dramanya okeh-okeh walaupun ada yang lebay juga. Tapi yang saya salut, artisnya totalitas. Favorit saya Change (rekomendasi dari Pate', sekarang di Jepang dia, lanjut kuliah), gara-gara katanya mirip ma kehidupan nyata saya, hahaha, ada-ada aja ya! Selain itu juga Detective Conan Real-nya, Tokyo Tower(sedih banget ini nyeritain kisah anak ma ibunya), dan beberapa dorama lainnya yang cukup menginspirasi. Tapi, dari semua itu saya lebih suka kartun animenya sih, Inuyasha, Doraemon, Conan, Sailormoon, Chibi Maruko-Chan, Cardaptor Sakura, dll. Anime jadoel ya, kalau yang sekarang-sekarang rada kurang sreg sih. Kalau lagu, entah kenapa saya hanya suka ost saja. Sama seperti yang Korea sepertinya. 

Anyway, ketiga negara ini bisa bikin kita terhipnotis sama kemajuannya, Indonesia kapan ya?



You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe