Bubur merah putih :)

9:21 PM

Akhirnyaaaaa.... sukses juga saya bikin bubur merah putih atau yang biasa disebut jenang sengkolo. Ga banyak orang tahu mengenai bubur ini. Ini salah satu favorit saya. Bubur ini khas Jawa Tengah. Kalau di rumah biasanya jenis bubur ini dibuat oleh orang-orang yang sedang ada hajatan. Biasanya di kota dibagikan dikit banget, kalau ada berkat habis tahlilan (nikah or mitoni) atau barzanji biasanya ada bubur ini. Kalau di desanya ya pas ada acara gedhe sih biasanya. Anyway, berhubung saya lagi kangen bubur yang satu ini dan ga ada yang jualan di Bandung, so, bikin aja sekalian. Apalagi kondisi badan lagi kurang fit kaku-kaku, saya sempetin bikin mumpung ga ada kerjaan di kosan (sebenarnya banyak, cuma lagi ga mood aja sih). Habis bosen juga bedrest seharian, masak jadi solusi. So, sekalipun lagi sakit tetep bisa berkreasi kan ya, hihihi :P

Oke deh readers, ini penampakannya, jangan kepingin ya? :D

bubur merah putih
Penasaran cara bikinnya? Gampang kok, siapin dulu bahan-bahannya:
1. beras secukupnya (mending dikit aj kl ga mw kebanyakan), cuci bersih, rendam selama kurang lebih 2jam
2. gula jawa, iris tipis
3. garam secukupnya
4. santan secukupnya
5. air
6. daun pandan dan/kayu manis

Nah, cara masaknya gimana?
1. Masak dulu santan+air secukupnya+garam, sampai mendidih 
2. Menjelang mendidih masukkan daun pandan(karena ga ada yg jualan, saya ganti pake kayu manis, sisa bikin wedang jahe kemarin-->> kapan-kapan saya posting deh :P)
3. Begitu santan mendidih, masukkan beras yang udah ditiriskan
4. Aduk terus sampai beras pecah+ngembang (pegel juga lama soalnyai ni)
5. Setelah mengembang, aduk trus sampai jadi bubur beneran, bener-bener masak maksudnya
6. Ambil sedikit atau terserah deh mau berapa banyak bubur putih, pindahin dulu, sebelumnya cicipin dah enak lum :P
7. Masukkan gula jawa, aduk lagi bubur, tambahin air dikit, 
8. Sampai bubur berwarna kecokelatan dan mendidih, angkat. 
9. Sajikan seperti gambar, bisa dibalik yg putih dulu baru cokelat.
10. Lebih manis kalo dikasih potongan daun pandan(kalo ada) + kl mau dikasih kuah, santan cair ya, biar enak, hehehe 

Oh ya, saya masaknya di magic com sih, berhubung lagi males ke bawah (baca: dapur), karena hujan+dingin jg. At least, saya sukses bikin juga, kangen uda ilang liat masakan jadi, enak, n yummy, Alhamdulillah :)

Eh iya, sebelumnya, seblum masak sore tadi dikasih puding sama mb Rina. Alhamdulillah n Subhanallah deh hari ini, ga kluar duit banyak, cuma buat check up aja, hihihi :D

puding cokelat :)

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe