Autofill dan autocomplete pada browser

10:13 PM

Pernah dengar autofill atau autocomplete? Buat anak teknik, khususnya yang pernah belajar informatika, elektro, sistem informasi, dan segala hal yang berhubungan dengan telkom, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Pun, bagai mahasiswa yang kerjaannya bikin web atau kerja di software house, kadang malah auto-something sudah jadi makanan sehari-hari. Client kadang maunya semua serba otomatis, "auto" kalau dibahasa-Inggris-kan.

By the way, apa sih autofill atau autocomplete itu? kalau diartikan ke bahasa Indonesia perkata, artinya "otomatis mengisi." Jadi, autofill atau autocomplete intinya sih otomatis. Nah, ngomong-ngomong pada browser, autofill itu contohnya begini, misal kita punya email dan sosial media. Ketika kita login ke sosmed kita, dari browsernya uda ngerekam itu email dan password yang kita ketikkan, makanya kalau di warnet kadang ada keylogger (sejenis pemecah kunci login). Jadi, data kita tersimpan ke memory browser (alias history a.ka cache). Contoh autocomplete yang jelas ya mbah google. Ketikkan apa aja pasti muncul suggestion, itu dia yang namanya autocomplete.

Cara kerja browser menurut salah satu sohib saya (selama di dunia per-IT-an) itu begini: 
gini cara kerja browser 
semua browser sekarang semua punya autofill buat memudahkan user apabila dia mengisi form yang judul formnya sama
jadi klo ada fom username mau itu di fb, email dan wp pasti keluar semua list yg menjadi username
kecuali pake IE nah itu ga ada
apa lagi chrme 
dia ada autofill lengkap untuk isi biodata
jadi cukup isi nama, alamat. no tlp dkk langsung di isi
Jadi, kalau kita pernah login pakai email tertentu atau username tertentu, dari browser kita, ketika kita mau login lagi, sudah otomatis disediakan, sekalipun kita buka alamat yang berbeda.

Kalau menurut web ini, autofill ada resikonya juga:
Sama seperti saved password, fungsinya untuk mengisi formulir secara otomatis. Misalnya, Anda pernah mendaftar di Yahoo! Karena autofill form aktif, maka ketika Anda mendaftar di Gmail, maka formulir pendaftaran akan terisi otomatis. Sama bahayanya seperti saved password yang terjadi pada komputer umum atau milik orang lain.
Bagaimana? Sudah ada gambaran bukan tentang bahayanya private data jika tidak dihapus?
Selain chrome, browser yang ada autofillnya: firefox, opera, safari, dkk. Semua browser terbaru sudah ada otomatis tanpa kita atur settingnya.

Karena kadang kita suka lupa tentang autofill dan kurang mengindahkan efek negatifnya, jadi semua data yang pernah kita ketikkan di browser akan tersimpan di memory browser. Ini bisa mempengaruhi cache dan registry kompi, memory bengkak, dan lola. Makanya, kadang kita perlu pembersih atau cleaner untuk menghapus cache atau registry yang tidak terpakai.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe