SmallSEOTools for Plagiarism Checker

6:53 AM



Menulis adalah sesuatu yang mengasyikkan dan kadang menyebalkan kalau-kalau tulisan kita diambil orang tanpa izin, alias diplagiat. Apalagi tulisan seperti jurnal internasional atau ide-ide mengenai sesuatu hal. Sayang banget kan, kalau sudah capek-capek nulis dan ternyata dipakai orang lain? Kalau mau nuntut juga susah karena kita belum tentu punya hak patennya, coz mahal kalau mau dipatenkan sih. 

Jangan dikira saya ga pernah njiplak ya, pernahlah. Pasti semua orang pernah. Kebetulan saya menjadi content writer di sebuah perusahaan, dan pas saya dengan sengaja copas (karena ngejar target + banyak kerjaan di unpad), ya wajarlah pada awalnya sedikit copas, hehe. Tapi karena ditegur juga dan saya akui saya salah, untung belum dipublish ya itu tulisan? Malulah sama gelar dan lulusan kalau copas :D. Akhirnya saya rombak ulang itu tulisan dan saya mulai belajar menulis dengan ide dan kalimat sendiri, walaupun merambat-rambat, tapi hasilnya bagus juga. Jadi, better nulis pake ide sendiri daripada copas! Alhasil kebanyakan ide, jadinya tulisan saya sering deadline, huhuhu... Dikejar editor ga enak juga rasanya, tapi sudah jadi tanggung jawab saya sebagai komitmen. 

Alhamdulillah, pihak editor memaklumi karena saya baru perdana jadi content writer berbahasa inggris, biasanya kan kalau nulis in Bahasa, not in English, hehe. Saya malah dikasih bantuan cara-cara mengecek plagiarisme, biar tulisan saya jadi orisinil, ga pake copas-copas lagi. Selain pake google search, ada satu cara lagi yang lebih akurat loh. Cek tulisanmu pakai SmallSEOTools for Plagiarism Checker. InsyaAllah ketauhan itu tulisan berapa persen akuratnya. Saya udah nyoba dan hasilnya mengagumkan, akurat banget! Ini tools buatan google juga sih, cuma kitanya saja yang baru tahu, hahahaha... 

Hasilnya begini nih kalau pakai ini:

You Might Also Like

2 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe