Perkenankanlah Aku Mencintai-Mu Semampuku

10:11 AM

Tuhanku...
aku masih ingat saat pertama dulu aku belajar mencintaiMu...
lembar demi lembar kitab kupelajari....
untai demi untai kata para ustadz kuresapi..
tentang cinta para Nabi...
tentang cinta para Sahabat...
tentang mahabbah para sufi..
tentang kerinduan para syuhada....

Lalu kutanam di jiwa dalam-dalam...
kutumbuhkan dalam mimpi-mimpi & idealisme yang menggantung di awan...

Tabi Rabb..
berbilang detik,menit,jam,hari,pekan, & tahun pun berlalu...
aku berusaha mencintaiMu dengan cinta yang oaling utama
tapi...
aku masih juga tak menemukan cinta tertinggi untukMu...

Auku makin merasakan gelisahku membadai..
dalam cinta yang mengawang
sedang kakiku mengambang... tiada menginjak bumi...
hingga aku terhempas dalam jurang
kegelapan...

Wahai Ilahi..
kemudian detik,menit,jam,pekan,bulan,tahun berlalu....
aku mencoba merangkak, menggapai permukaan bumi & tegakkan
jiwaku kembali...
menatap,memohon, menghiba-Mu...
Allahu Rahiim..Illahi Rabbi....
perkenankanlah...aku mencintai-Mu semampuku...
dalam segala kelemahanku...

Illahi....
aku tak sanggup mencintaiMu......
dengan kesabaran menanggung derita...
umpama nabi Ayyub as, Musa as, Isa as hingga Al-Mustafa..
karena itu.. izinkan aku mencintaiMu...
melalui keluh kesah pengaduanku kepadaMu...
atas derita batin dan jasadku...
atas sakit dan ketakutanku,,,

Ya Rabb....
aku tak sanggup mencintaiMu layaknya Umar yang menyerahkan separuh hartanya demi jihad....
izinkan aku mencintaiMu melaui seratus dua ratus perak
yang terulur pada tanagn-tanagn kecil di perempatan jalan...
pada wanita-wanita tua yang menadahkan tangannya dengan tangisan..
pada makanan-makanan sederhana untuk kawan....

Illahi...
aku tak sanggup mencintaiMu dengan khusuknya sholat para nabiMu hingga tak khayal apa pun..

Perkenankanlah aku menggapai cintaMu,,,,
dalam sholat yang coba kudirikan terbata-bata..
meski kadang ingatan melayang ke berbagai permasalahan dunia....

Y Rabb...
aku tak dapat beribadah ala sufi dan rahib,,,
yang membaktikan seluruh malamnya untuk bercinta denganMu...
maka izinkanlah aku tuk mencintaiMu...
dalam satu dua rakaat lailku...
dalam satu dua sunnah naffilahMu...
dalam desah nafas kepasrahan tidurku...

Y Rachman...
aku tak sanggup mencintaiMu bak para hafidz...
dan hafidzah yang menuntaskan kalamMu dalam satu putaran malam....
perkenankanlah aku mencintaiMu melalui selmbar dua lembar tilawah harianku...
lewat lantunan seayat dua ayat hafalanku....

Y Rachimm...
aku tak dapat mencintaiMu...
seperti para da'i yang selalu mengagungkan asmaMu..
maka biarkanlah aku mencintaiMu melalui beberapa untaian tasbihku...

Allah....
Allahu Karimmm...
aku tak sanggup mencintaiMu di atas segalanya...
bagai Abu Bakar yang menyedekahkan seluruh hartanya dan hanya
meninggalkan Engkau dan RasulMu bagi riri dan keluarganya,,,

Maka izinkanlah aku mencintaiMu dengan mencintai keluargaku...
dengan mencintai sahabat-sahabatku...
dengan mencintai kekasihku,...
dengan mencintai alam-Mu...

Allahu Rochmanurrahimmm...
Illahi Rabbi...
Perkenankanlah aku mencintaiMu semmapuku...
agar cinta itu mengalir di sepanjang nadiku.....

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe