Ramahnya Service Handphone di Korea

11:53 AM

Kalau di Korea kan ga bisa sembarang beli handphone dan pake nomor tuh. Korea tidak menggunakan SIM card seperti di Indonesia, tetapi pake sistem injeksi untuk nomor telepon genggam (inject phone). Jadi, bisa kita katakan nomor ini langsung menempel pada telepon genggamnya dan tidak bisa diganti-ganti seperti SIM Card. Itu sih susahnya bagi yang belum terbiasa. Ada beberapa cara kalau mau pake hp di sini, yang jelas kudu punya alien card dululah. Maklum, beda dengan Indonesia, di sini untuk hp saja ketat banget peraturannya. Semua demi menjaga privacy empunya dan keamanan. Bagusnya sih gitu ya, jadi kalau ada apa-apa langsung ketahuan, beda banget sama negara sendiri, sedihnya. Tapi ada plus minusnya juga sih model beginian, kapan-kapan saya review insyaAllah.

Waduh... malah ke mana-mana ini bahasannya, baiklah balik ke judul. Ceritanya siang ini, barusan banget, saya mau isi ulang pulsa. Eh, udah muter-muter depan kampus, ga nemu yang nerima cash, adanya yang pake kartu kredit, mana punyalah saya! Jadinya saya jalan rada jauh dikit (ga jauh, cuma di samping kampus, gerbang samping, kira-kira kayak gerbang belakang itb sampe salman deh) buat nemuin counter hp yang pernah saya kunjungi pas pertama mau ngubah nomor hp dulu. Sampai di dalam langsung disambut senyuman ramah cs oeunni sama oppa-oppa. Udah gitu duduk manis dilayani dengan ramah pula. Satu customer yang ngelayanin dua orang (satu pake bahasa korea, satunya pake baha inggris). Soalnya bahasa korea saya masih pas-pasan, saya cuma ngerti gimana ngomong seperlunya saja, belum bisa ngobrol banyak, hehe. Ya sudah, saya isi pulsa seperti biasa, model pps kalau ga salah namanya. Terus, saya complain, soalnya di hp saya ini kalau ada orang telepon, saya ga tahu nomor yang nelepon, pasti private number mulu. Entah ada yang salah sama hp ato settingannya, samsung galaxy s2 (seharga 75rb won ato sekitar 700-800 ribu rupiah, murah banget ya! Walaupun bagi sahabat saya, ini mahal, karena doi dapet yang gratisan-- entah gimana caranya, soalnya kata sonsengnim yang gratis juga khusus buat warga korea aja, foreigner agak ribet prosesnya kalau mau dapet yang gratis, tentunya ga beneran gratis sih--kapan-kapan diulas, insyaAllah). Saya pelan-pelan jelasin pake bahasa inggris (inilah kalau hidup di negeri orang, tiba-tiba bahasa inggrismu jadi lancar banget :P) campur bahas korea dikit (ne, kerigo, yang simple-simple satu dua patah kata, hahaha!). Oenni-nya ngerti walaupun mesti diulang dua kali. Alhamdulillah. Langsung deh hpnya dibenerin settingannya, beres! Setelah saya cek udah oke. Thank you!

Selagi menunggu oenni ngetikkin sesuatu di settingan hpnya, terus testing, eh saya ditawarin nukerin hp baru, samsung ois ato oic ya, harganya 90rb won aja. Kalau compare sama galaxy s2 saya ya jauh, kualitas foto samsung ois ini jauh lebih baik. Sayangnya cuma hari ini aja tersedianya. Tergiur? Mau banget sebenarnya. Tapi kalau dipikir-pikir ngapain juga beli hp baru atau nukerin hp juga, yang sekarang masih bagus, lagian hp uda bnyak bener. Bb dari kantor, xperia dari mz, sama yg galaxy s2 dr mb retno. Yang penting kan fungsinya kepake. Sebenarnya bisa aja sih ga beli hp mb retno, tp karena sya pengin bantu, dan saya belum tahu kalau pake xperia bisa dipake (walaupun rada ribet beli kartunya: baru tahu dari Thusar soal ini, kapan-kapan ceritanya!), ya sudah, ga papa, sekali-kalinya kalo uda ga kepake buat ortu di rumah. Sambil ngecek hp ois itu, mas-mas(ato oppa kalau di sini panggilannya), nawarin saya kopi. Dan berhubung saya lagi ga puasa (ngertilah ya, hihihi :P), saya bilang thank you. Maksud saya nolak sih, ga enak aja, soalnya saya cuma isi pulsa n meriksain hp bentar. Eh... mas-masnya bikinin saya kopi anget, ya sudah emang rezeki, alhamdulillah, enak juga kopinya, ga terlalu manis, ga terlalu pahit. Ok, setelah beberapa menit ngobrol sama eounni, memastikan kalau hp ois ini emang better than s2, saya memutuskan untuk tidak membeli (ga bawa duit lebih + belum butuh). Mungkin kalau di Indonesia, strategi marketing kayak gini, mbak-mbaknya udah muka jutek aja kalau customer ga jadi beli. Kalau di sini beda banget. Nih oeunni malah seneng, senyum, terus ngasih kartu nama, siapa tahu saya balik lagi, walaupun uda saya jelasin saya ga bisa janji mau balik lagi ato ga. Yasudah, saya senyumin balik sambil minta maaf, "mianhajiman, i cannot promise you that i can come back or not today." Ah... eonninya masih ramah, senyum-senyum pula, "gwencanayo... just call me if you change your mind." Ah, jadi ga enak ini pelayanannya ramah bener yak. Sambil berlalu pun saya ucapkan terima kasih buat mereka semua. Khamsahabnida, i will back someday, kata saya. "Anyyeongi kaseyo..." kata mas-mas n mbak-mbak di sana pas saya mau keluar service center, bener-bener beda.

Mungkin, ga bisa dibandingin sama di Indonesia sih ya, pengalaman di negara sendiri mengatakan tidak soalnya. Entah kalau di Indo ini sistem diterapin, pasti customer seneng banget dan mau balik lagi. Hikmahnya hari ini: kalau ramah sama semua orang, pasti ngasih kesan yang baik juga, walaupun orangnya ga ramah sama kita. Whatever orang bilang, ramah dan senyum selalu nomor satu, bukan begitu yang diajarkan rasul? Senyum adalah ibadah :).

Happy Jum'at Mubarrok...
Ulsan, 25 July 2014
_zmv_

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe